Perbedaan Registry, Registrar dan Registrant

Image: dreamhost.com

Di era modern seperti saat ini perkembangan Teknologi Informasi sangatlah pesat. Mulai dari mulai bertumbuhnya website-website e-commerce yang notabene nya menjual produk melalui online. Contoh hal nya seperti Tokopedia, BukaLapak, Shopee, Lazada, Blibli dan masih banyak lagi.

Oleh karena tentu membutuhkan domain name agar market tersebut bisa dijangkau dari seluruh pelosok negeri melalui internet.

Domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi alamat (IP address) server komputer seperti web server atau email server di internet. Domain memberikan kemudahan pengguna internet untuk melakukan akses ke server dan memudahkan mengingat server yang dikunjungi dibandingkan harus mengingat sederetan angka-angka IP Address.

 

Perbedaan Registry, Registrar dan Registrant

Jika informasi tentang domain telah saya jelaskan di atas, mari kita bahas tentang perbedaan antara Registry, Registrar dan Registrant.

Registry

Registry merupakan database dari semua nama domain dan informasi pendaftar yang terkait di domain tingkat atas dari Domain Name Server (DNS) dari Internet yang memungkinkan entitas pihak ketiga meminta kontrol administratif atas nama domain. Sebagian besar pendaftar beroperasi pada tingkat atas dan tingkat kedua dari DNS. Pada database tersebut terdapat informasi mengenai whois domain, dns domain, regisrar dan juga resgistrant. Contoh dari registry PANDI adalah (Pengelola Nama Domain Internet Indonesia) untuk domain-domain ID (.co.id, .web.id, go.id, .mil.id, .my.id, .net.id, .desa.id, .ac.id, .sch.id, .or.id, .biz.id, .ponpes.id).

Registrar

Registrar adalah organisasi atau juga perusahaan tempat pendaftaran domain yang sudah terakreditasi oleh ICANN (Internet Corporation for Assigned Names and Numbers) atau dengan kode negara nasional top-level domain (ccTLD : country code top level domain) yang memiliki wewenang untuk menerbitkan lisensi domain kepada para pendaftar. Beberapa supply domain langsung ke publik (retail), sementara yang lain bekerja sama dengan reseller (grosir), yang kemudian mempermudah penjualan ke pendaftar. Contoh registrar adalah: PT. Registrasi Nama Domain, PT. Master Web Network.

Registrant

Registrant adalah orang, organisasi ataupun perusahaan  yang mendaftarkan nama domain.

 

Demikianlah penjelasan mengenai perbedaan antara registry, registrar dan registrant. Semoga bisa bermanfaat untuk sobat semua.

About the Author: The Otak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *